Alam Air Panas Lejja, Soppeng


Melanjutkan sepenggal cerita yang terpotong ketika berkunjung ke kota Kalong, Soppeng. Saya ingin teman-teman bisa merasakan apa saya rasakan ketika berkunjung ke tempat ini. Teman-teman sebenarnya bisa search di Om Google mengenai tempat ini karena sebelumnya saya juga bertanya ke Om Google. Ada banyak tulisan yang bisa anda temukan. Walaupun demikian, tidak masalahkan jika saya juga ingin menuliskan sesuatu menganai tempat ini sebagai tambahan referensi bagi teman-teman pembaca. 
Tempat ini dikenal dengan Pemandian air Panas Lejja. Pemandian ini berada di daerah pegunungan, memiliki panorama alam yang indah, sejuk dan sangat menarik berrekreasi. Terletak di Desa Bulu, Kecamatan Marioriwa sekitar 44 Km Utara kota Watansoppeng. Di tempat ini memiliki sumber air panas dengan suhu mencapai 60 0C yang dipercaya bisa menyembuhkan gatal-gatal dan rematik. Pemandian ini kini menjadi obyek wisata andalan yang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Ada kelakar bahwa kita bisa dikatakan telah berkunjung ke Soppeng jika sudah berkunjung ke Pemandian ini.


Kolam I
Masuk ke tempat ini di kenakan biaya sekitar Rp. 10.000/orang. Yaa cukup murah sih dan bisa bermain air panas sepuasnya. Fasilitas di Pemandian Alam Air Panas Lejja ini cukup memadai dengan adanya kolam pemandian umum dan private, toilet, ruang bilas, tempat ganti pakaian, pondok peristirahatan, lapangan tenis dan baruga wisata sebagai tempat pertemuan yang bisa menampung 300 orang. Untuk kolam pemandian private disediakan dengan rumah panggung kecil yang memiliki kolam di belakangnya dengan lebar 3 meter. Sedangkan untuk kolam pemandian umumnya terdapat 5 kolam dengan fungsi yang berbeda :
Kolam 1: airnya sangat panas, harus berhati-hati jika berada di tempat ini karena telur yang dicelupkan di kolam ini bisa menjadi setengah matang.
Kolam 2: kolam dangkal dengan air suam-suam kuku yang bisa dipakai untuk anak-anak kecil atau bagi kamu yang tidak bisa berenang bisa juga memakai kolam ini.
Kolam 3: kolam dengan kedalaman sebatas leher dan air suam-suam kuku untuk orang dewasa. Ada pelampung yang disewakan jika kamu takut berenang di kolam ini.
Kolam 4: air di kolam ini sudah normal, tidak terlalu panas ataupun terlalu dingin dan kolam ini khusus orang dewasa saja.
Kolam 5: kolam yang berada di sebelah timur ini dilengkapi dengan papan loncatan. 



Sumber Mata air 
Teman-teman juga bisa melihat sumber air panasnya. Ada jalan setapak di sebelah kolam pemandian menuju bukit. Di sana akan ada sungai kecil dengan air panas dan bebatuan yang dialiri air panas dan mengeluarkan asap. Kalau mau dicoba, mungkin lebih nikmat kalau teman-teman merebus telur jika berkunjung kesini. Terus,  Sampai di ujung jalan kamu bisa menemui pohon yang dibawah akarnya terdapat lubang dengan diameter sekitar 50 cm. Disitulah sumber air panas Pemandian Air Panas Lejja berasal. Ada sesuatu yang janggal tentang pohon tersebut yakni terdapat botol atau kaleng yang berisi air yang diikat di pohon serta di akar pohon tersebut. sempat bertanya ke salah seorang nenek tua yang sedang menjual dekat pohon itu bahwa itu merupakan simbol pengharapan. Bagi mereka yang memiliki harapan/impian maka mereka akan menggantungkan botol atau kaleng tersebut dan ketika harapan tersebut sudah terwujud maka orang tersebut akan datang lagi ke tempat ini (Lejja) untuk melepas ikatan botol atau kalengnya. Ada juga yang meyakini bahwa itu sebagai simbol pengikatan hubungan pasangan kekasih yang datang ke tempat ini.
Simbol Pengharapan


~ooO Safaruddin Iyando Ooo

2 komentar

  1. Selamat malam, pak. Saya mau ijin untuk share karya foto bapak untuk dimasukkan kedalam brosur pariwisata kab. soppeng. Mohon persetujuannya jika berkenan. Terima kasih (ilham.agelsyah@gmail.com)

    BalasHapus
  2. 'Lang Agelsyah, tidak apa2 pak. yang penting sumbernya dicantumkan. terimah kasih sudah berkunjung diblog saya

    BalasHapus